Manfaat Kulit trenggiling Untuk Kesehatan

Manfaat Kulit trenggiling Untuk Kesehatan
============================================






Trenggiling merupakan salah satu hewan pemangsa semut dan rayap atau yang juga dikenal dengan nama ant eater. Binatang ini memiliki tubuh yang cukup panjang dengan lidah yang kadang dijulurkan hingga lebih dari sepertiga dari badannya. Kulit trenggiling memiliki struktur seperti sisik yang cukup lebar. Trenggiling banyak hidup di hutan hujan tropis dataran rendah.

Sayangnya, saat ini trenggiling cukup langka khususnya di Indonesia, karena diperdagangkan secara ilegal. Adapun faktor yang membuat hewan ini diperdagangkan secara ilegal adalah manfaat di balik dagingnya. Daging trenggiling dipercaya mmapu mengatasi gangguan jantung hingga gangguan hati.

kulit trenggiling, manfaat kulit trenggiling, khasiat kulit trenggiling

Tidak hanya dagingnya ternyata kulit trenggiling juga memiliki berbagai khasiat yang di jadikan obat herbal seperti Obat Titan Gel. Bagi trenggiling sisik atau kulitnya berfungsi sebagai pertahanan terhadap musuh atau predator. Jika merasa terancam trenggiling akan menggulung kulitnya hingga seperti bola, ekornya dapat dikibaskan sehingga sisiknya yang cukup tajam dapat melukai penganggunya. Namun bagi manusia, khasiat kulit trenggiling memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan. Adapun khasiat tersebut antara lain :
1. Mampu meredakan nyeri

Dalam kulit trenggiling terdapat zat bernama Tramadol HCl. Tramadol dikenal sebagai obat anti inflamasi dan obat pereda rasa nyeri. Zat tersebut merupakan zat aktif yang biasanya terdapat pada obat analgesik yang biasanya digunakan untuk meredakan nyeri. Obat analgesik ini biasanya digunakan di rumah sakit untuk meredakan nyeri akut setelah selesai operasi.
2. Mengatasi masalah ejakulasi dini

Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan ternyata kulit binatang yang hampir punah ini juga dapat berguna untuk mengatasi masalah ejakulasi dini dan bisa juga digunakan untuk vitalitas pria secara umum.
3. Sebagai bahan kosmetik

Tidak hanya untuk pria ternyata untuk wanita kulit binatang yang tidak memiliki gigi ini juga memiliki manfaat. Di bidang kecantikan, kulit trenggiling bisa juga digunakan sebagai bahan pembuatan kosmetik wanita.
4. Mengobati kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tinggi di Indonesia. Kulit yang umumnya keras ini ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati kanker. Meski sebenarnya belum terbukti secara ilmiah akan tetapi banyak yang sudah mempercayai bahwa kulit trenggiling mampu mengobati penyakit mematikan ini.
5. Sebagai bahan obat tradisional

Tak hanya menjadi obat penyakit yang mematikan kulit binatang yang terkenal pemalu ini juga bisa digunakan sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Obat tradisional dikenal efektif dalam mengobati berbagai macam penyakit dengan cara yang alami sehingga aman dari efek samping.

Selain manfaat di atas kulit trenggiling juga bermanfaat di dunia fashion. Kulit binatang ini bisa dipakai dalam proses pembuatan jeans, sisiknya dipercaya dapat mengawetkan jeans. Selain itu kulit binatang yang bisa menggulung bulat ini juga bisa digunakan sebagai aksesoris yang pasti akan mahal dan langka. Aksesoris dari kulit binatang ini mudah kita jumpai di daratan Afrika, karena banyak yang membuat aksesoris menggunakan bahan baku sisik trenggiling. Bentuknya yang unik dan bagus membuat aksesoris ini banyak diminati.








Komentar